Menikmati sensasi Kopi Joss Jogja

by - 07:24


Jogja selain terkenal sebagai kota gudeg dan kota pelajar, juga terkenal dengan kopi nya yang cukup unik, yaitu kopi joss, nah kebetulan waktu liburan yang lalu saya nyempetin buat mampir ke warung kopi joss yang ada di sepanjang jalan perempatan tugu jogja.

Dari apa yang saya dengar dari orang-orang dan juga sempat lihat review di youtube, kopi joss itu adalah kopi yang dicampur dengan arang, kata 'joss' diambil dari bunyi yang ditimbulkan ketika kopi panas dituang kedalam gelas berisi arang, bunyi nya 'jossss' gitu.

kopi joss

Sebenernya saya kurang setuju, seharusnya kopi ini dinamakan kopi 'cesss', karena bunyi yang sebenarnya itu 'cesssssss' bukan 'josss', yaudahlah dari pada ribut sama yang punya warung, lebih baik saya diam.

Dari segi rasa, kopi joss jogja ini termasuk kopi dengan rasa yang kuat, padahal sebenernya kopi yang digunakan adalah kopi hitam biasa, mungkin karena dicampur arang jadi rasa kopi nya lebih strong.

kopi joss dan cemilan

Lalu timbul pertanyaan, minum kopi dicampur arang, apakah baik untuk kesahatan? jangan kawatir, aman kok, arang yang digunakan bukan sembarang arang, dia dibuat khusus untuk minuman, tidak mengandung karsinogen, atau zat berbahaya lainnya.

Bahkan bagi sebagian besar orang, kopi joss dipercaya punya khasiat untuk menyembuhkan penyakit seperti masuk angin, diare, perut kembung dan menetralisir racun dalam tubuh, wow luar biasa bukan?

kopi joss susu

Di warung angkringan tempat saya minum, kopi joss nya bisa ditambah dengan susu, bisa juga tanpa susu, harganya beda seribu, kopi joss aja 4 ribu rupiah, sedangkan kopi joss susu 5 ribu rupiah, murah kan? kopi nya enak dan sehat, harga terjangkau, kurang apa lagi coba?

daftar harga

Sensasi minum kopi joss di malam hari yang dingin di pinggir jalanan kota jogja sambil ngobrol santai ditemani pacar atau keluarga adalah pengalaman tak terlupakan, yang kayak gini ni yang bikin kangen jogja.


Daftar harga Kopi Joss
Kopi Joss biasa   : Rp 4.000 rupiah
Kopi Joss susu    : Rp 5.000 rupiah
Aneka sate          : Rp 2000 s/d 3500 rupiah
Aneka roti bakar : Rp 6.000 rupiah



Artikel Lainnya...

0 comments